Skip to main content

3 Hal Sebelum Membuat Company Profile

Company Profile dapat menjadi identitas dari sebuah perusahaan. Calon pelanggan dapat dengan mudah mengetahui hal yang berkaitan dengan perusahaan Anda dengan melihat Company Profile milik anda. Tetapi sebelum membuat company profile anda harus benar-benar memperhatikan hal-hal yang perlu dalam pembuatan company profile. Karena company profile bersifat penting bagi perusahaan anda sebagai media informasi serta identitas perusahaan yang akan mengarahkan anda dalam  membentuk citra perusahaan anda. Jika Anda sudah yakin untuk membuat Company Profile, sebelum Anda memilih agency atau production house yang akan membuatkan Company Profile anda, lakukanlah 3 hal berikut:

1. Pemilihan Jenis Company Profile

Anda perlu menentukan jenis company profile yang akan dibuat. Company profile memiliki beberapa jenis yaitu media cetak, elektronik (video), web. Untuk menentukan jenis company profile apa yang ingin dibuat, perusahaan dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Kesesuaian dengan produk perusahaan dan target konsumen, apakah untuk kelas atas, menengah, atau bawah.
  • Anggaran atau budget dalam pembuatan company profile.
  • Banyak tidaknya pesan yang ingin disampaikan. Dalam pembuatannya, perusahaan dapat menuliskan lebih banyak informasi pada company profile cetak dibanding dengan company profile berbentuk video yang memiliki durasi yang pendek, namun pesan yang disampaikan dalam video lebih efektif karena audience dapat melihat secara langsung kinerja dari perusahaan.
Membuat company profile

Membuat company profile

2. Pengaturan budget 

Pengaturan budget, tergantung kepada media penyampaian yang dipilih. Penentuan besarnya dana yang dibutuhkan ditentukan oleh perusahaan, sedangkan perincian dana ditentukan oleh tim produksi. Anda dapat memilah company profile cetak atau video yang sesuai dengan budget perusahaan.

3. Menentukan hal-hal yang ingin disampaikan sebelum membuat company profile

Anda dapat menentukan terlebih dahulu hal apa saja mengenai perusahaan, yang ingin Anda perlihatkan kepada calon pelanggan, seperti keunggulan produk Anda, perbandingan produk Anda dengan produk lain, kinerja perusahaan Anda, apapun itu yang Anda inginkan ada pada company profile perusahaan. Dengan begitu saat Anda datang ke sebuah agency ataupun production house, Anda bisa menjelaskan kepada tim produksi apa saja yang Anda inginkan untuk company profile yang akan dibuat.

 

charprod

Author charprod

More posts by charprod

Join the discussion 9 Comments

Leave a Reply