Skip to main content

Infografis dalam video company profile sangat diperlukan untuk meringkas informasi yang banyak agar menjadi singkat dan lebih mudah dimengerti.

Apa itu Infografis?

Infografis adalah penyampaian informasi yang menggunakan pendekatan visual seperti grafik, tabel, chart, atau gambar. 

Infografis memiliki keefektifan dalam menyampaikan sebuah informasi karena ini juga melibatkan ilustrasi dari data yang ingin disampaikan. Hasil akhir dari infografis akan berupa gambar-gambar yang dijelaskan secara singkat melalui tulisan.

Infografis memiliki jenis yang berbeda, yakni:

1.Infografis Statis

Adalah jenis infografis yang dibuat dengan gambar yang tidak bergerak. Infografis ini dapat ditemui di media cetak, yang mana tidak memungkinkan untuk menggunakan infografis yang bergerak atau berformat animasi.

2.Infografis Animasi

Infografis animasi disajikan dengan gambar 2 atau 3 dimensi. Infografis ini lebih berkesan dinamis karena mampu menjelaskan informasi dengan ilustrasi gambar yang bergerak. Biasanya digunakan di media digital seperti youtube, video instruksi, video company profile, dan sebagainya.

Infografis jenis ini memadukan konsep visual yang didukung dengan penjelasan secara lisan melalui voice over sehingga lebih efektif dalam penyampaian informasi.

Infografis animasi juga dipadukan dengan musik yang pas sehingga terasa lebih hidup.

Infografis video company profile

Alasan Menggunakan Infografis Untuk Video Company Profile

Secara umum infografis digunakan ketika suatu informasi tidak mudah, atau bahkan tidak memungkinkan untuk disampaikan melalui live shoot. Diantaranya seperti sejarah perusahaan yang panjang, serta penjelasannya yang kompleks. Dengan infografis perusahaan mampu menyampaikan data sejarah yang panjang menjadi singkat tetapi tetap memberikan kesan historis melalui gambar dan ilustrasi timeline.

Infografis juga akan digunakan ketika perusahaan ingin menunjukan produk atau jasanya, yang tidak bisa secara mudah ditampilkan live shoot. Atau seperti perusahaan startup yang belum memiliki banyak aset, dan kurang meyakinkan jika “memaksakan” untuk menampilkan asset, pekerja atau kantornya yang belum cukup memadai secara langsung. Infografis dapat mengemasnya dengan baik dan meyakinkan.

Proses produksi yang dilakukan perusahaan juga dapat disampaikan melalui infografis. Karena proses produksi yang bersifat panjang agak sulit ditampilkan secara langsung. Dengan menggunakan infografis, perusahaan dapat menjelaskan proses produksi mereka dengan lebih mudah dipahami dan tidak membosankan.

Terkadang perusahaan juga membutuhkan ilustrasi untuk mendukung statement “jangkauan distribusi”. Misalnya perusahaan A ingin menyampaikan pesan bahwa bisnisnya menjangkau 3 benua dengan beberapa negara di dalamnya. Statement ini bisa dibantu oleh ilustrasi animasi atau data infografis, yang menciptakan kesan yang lebih meyakinkan terhadap cakupan bisnis perusahaan A. 

Manfaat dari infografis dalam video company profile yakni:

  1. Meringkas informasi perusahaan yang kompleks menjadi sebuah ilustrasi yang sederhana dan mudah dipahami dalam durasi video yang singkat
  2. Memudahkan pemahaman audience tentang data, karena dibantu dengan ilustrasi grafik.
  3. Meningkatan engagement audience terhadap informasi perusahaan
  4. Sebagai konten dalam publikasi media sosial. Dalam mempublikasi informasi perusahaan ataupun kegiatan yang sedang berjalan, dibutuhkan konten yang efektif dengan durasi yang singkat. Karena karakteristik dari pembaca di sosial media yang secara otomatis melewati konten yang tidak menarik.
  5. Biaya pembuatan yang relatif murah.
  6. Meningkatkan image perusahaan, karena menunjukan kredibilitas perusahaan dalam memberikan informasi dengan jelas serta menarik.

Nah, sekarang anda telah mengenal infografis, apakah anda tertarik menggunakan infografis untuk video company profile perusahaan anda?

Jika anda ingin membuat video company profile menggunakan infografis dengan hasil yang maksimal, anda bisa menghubungi Production House profesional, seperti Charprod.

charprod

Author charprod

More posts by charprod

Leave a Reply