Skip to main content

Berapa harga pembuatan video company profile? Hal ini, tergantung pada bagaimana video itu akan dibuat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga pembuatan video company profile.

Sebelum membahas harga anda sebaiknya mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya terlebih dahulu, sebagai bahan pertimbangan dalam penyesuaian harga. 

Berikut Faktor Penentu Harga Pembuatan Video Company Profile:

  1. Konsep Video 

Konsep sangat menentukan harga pembuatan video company profile. Karena Production House akan melibatkan unsur yang akan mengaktualisasikan konsep yang dibuat.

Konsep yang bisa ditawarkan oleh Production House dapat berupa pendekatan Storytelling atau Dokumenter.Kedua pendekatan tersebut memiliki treatment yang berbeda yang mempengaruhi harga. Pendekatan storytelling memiliki sifat yang lebih terarah. Production House akan mengarahkan jalannya cerita dalam video. 

Pendekatan dokumenter memiliki karakteristik yang agak berbeda. Dengan pendekatan ini PH akan mengambil shoot secara langsung dan natural. Ini dapat berupa kegiatan perusahaan seperti aktivitas pabrik atau pertambangan. Dengan pendekatan ini PH akan memiliki treatment yang berbeda dari storytelling, dalam kasus seperti itu PH harus menentukan jumlah tim yang akan bekerja yang mana mempengaruhi harga pembuatan video company profile tersebut.

Kedua pendekatan itu bisa saja melibatkan extra figuran, yakni seperti orang-orang sekitar tempat pembuatan video yang dibutuhkan untuk menciptakan suasana tertentu. Sebagai contoh, pembuatan video company profile yang membutuhkan adegan petani yang sedang mencangkul beramai-ramai di sawah.

Pada prakteknya bisa saja adegan ini dishoot secara natural, tetapi pengarahan tetap dibutuhkan supaya menciptakan kesan yang ingin dibuat oleh PH. Figuran seperti ini tentunya juga membutuhkan biaya yang disebut dengan “ekstra” tadi.

2. Tingkat Kesulitan 

Dalam membuat video company profile, PH akan memperhatikan tingkat kesulitan video seperti aksesibilitas tempat.  Sudah dibahas di atas bahwa pendekatan yang digunakan PH akan mempengaruhi aksesibilitas pengambilan shoot. Jika perusahaan hendak menampilkan kegiatan pabrik atau pertambangan, maka PH membutuhkan pengambilan shoot yang efektif. Maka dibutuhkan lebih dari satu cameraman yang berpengaruh terhadap harga pembuatan video company profile.

3. Waktu pengerjaan

Waktu pengerjaan juga menjadi faktor penentu harga pembuatan video company profile. Semakin lama maka semakin mahal pembuatannya, tetapi ini juga tergantung dari sumber daya yang diperlukan PH. Umumnya pengambilan shoot dalam video company profile berlangsung 3 hari. Dalam 3 hari itu, akomodasi juga perlu diperhatikan.

4. Akomodasi

Perusahaan juga harus mempertimbangkan tentang biaya akomodasi dalam pembuatan video company profile. Jika pengambilan shoot dilakukan di luar kota bahkan di luar pulau, maka biaya akomodasi menjadi penting. Tentunya biaya akomodasi mempengaruhi harga dari pembuatan video company profile.

5. Penggunaan Outsourcing

Dalam membuat video company profile, PH akan bekerja bersama outsourcing. Outsourcing dapat berupa talent dan voice over. Balik lagi, ini tergantung dari konsep video company profile yang ingin anda buat. Menggunakan talent profesional atau hanya menyuruh karyawan untuk beradegan di depan kamera akan berbeda bukan hasilnya? Sama halnya dengan penggunaan voice over atau hanya sekedar penjelasan visual serta tulisan. Kesemuanya mempengaruhi harga.

6. Spesifikasi Alat Shooting

Dalam pembuatan video company profile, PH butuh memperhitungkan spesifikasi alat yang dipakai. Tempat pengambilan shoot menentukan spesifikasi kamera, lighting atau alat lainnya. Seperti misalnya pengambilan shoot di dalam ruangan seperti office akan berbeda dengan di luar ruangan seperti kegiatan pertambangan atau pertanian. Di dalam office, PH membutuhkan spesifikasi lighting yang memumpuni dibanding dengan di luar ruangan.

Berapa harga pembuatan video company profile

 

Lalu Berapa Harganya?

Dari faktor-faktor di atas menunjukan bahwa dalam pembuatan video company profile tidak ada harga yang pasti.

Tinggal anda yang menentukan, ingin mendapatkan corporate video yang profesional atau yang sederhana saja.

  1. Anda dapat memiliki video corporate yang sederhana tanpa mengeluarkan biaya seperti contohnya video youtube. Video ini menggunakan peralatan seadanya dan tim produksi yang otodidak.
  2. Semi profesional, video ini sekitar harga Rp 20juta-40juta. Tim produksi ini adalah tim yang masih berkembang, masih memulai karirnya, atau mereka yang hanya sekedar menjalankan hobbi. Kualitas video ini bagus atau mungkin standar saja.
  3. Profesional. Untuk pembuatan video company profesional, Production House tidak bisa secara langsung mengajukan harga, ini tergantung dari konsep video profesional yang seperti apa. Tetapi jika dikisarkan, pembuatan video company profile profesional bisa mencapai 250jt-an. Harga itu memperhitungkan cakupan video yang dibuat misalnya pengambilan shoot wilayah se jabodetabek, durasi video yang berkisar 3-5 menit, dan waktu yang diperlukan dalam pengerjaannya.

Pengajuan harga dalam pembuatan video company profile dilakukan oleh Production House kepada client. Ini didasari oleh konsep serta biaya segala hal yang diperlukan. 

Tetapi ada baiknya anda terbuka kepada Production House soal budget yang anda miliki. Dengan begitu Production House bisa menyesuaikan budget yang anda miliki.

Production House profesional seperti Charprod akan mampu menyesuaikan budget anda dengan kualitas video yang akan dihasilkan. Anda dapat membangun kepercayaan atas kualitas video dengan melihat portofolio dari Charprod. Jadi jangan takut mendapat hasil yang kurang dengan budget yang anda miliki.

charprod

Author charprod

More posts by charprod