Video Production Brief merupakan sebuah kumpulan pedoman produksi atau rencana awal dan proses penting sebelum produksi dimulai. Video Production Brief ini dibuat oleh klien untuk menjelaskan kepada perusahaan video production tentang apa yang akan dibuat dan akan menambah kejelasan dan fokus pada visi keseluruhan video tersebut. Anda klien harus berdiskusi dengan dengan perusahaan video production tentang seperti apa video yang akan dibuat. Untuk membuat video yang bagus dan sesuai harapan, anda harus membuat perusahaan pembuat video memahami konsep dari video anda dengan menuliskan sebuah Video Production Brief.

Sebuah Project Brief adalah alat standar yang digunakan dalam bidang pemasaran. Jika anda penyedia jasa untuk membuat sebuah iklan, anda harus membuat creative brief. Jika akan membuat desain produk baru, anda harus membuat project brief. Dan jika anda sedang mengembangkan sebuah website maka anda harus membuat desain brief.

Apa saja yang harus ada pada production brief?

Berikut ini poin-poin yang harus ada pada sebuah video production brief. Ini harus dibuat secara rinci agar penyedia jasa tahu agar penyedia jasa tahu dan mengerti hal apa yang anda inginkan dan harapkan.

Latar Belakang Perusahaan

Seberapa baguskah perusahan anda dalam pemasaran? Seberapa dikenalkah perusahaan anda di masyarakat? Bagaimana pendapat konsumen mengenai perusahaan dan produk anda? Apa ciri khas perusahaan anda? Semua pertanyaan ini adalah konteks penting agar penyedia jasa dapat mengetahui secara spesifik perusahaan anda dan membantu membuat video untuk promosi perusahaan anda.

Fokus Konten

Apa yang akan menjadi fokus pada video yang anda buat. Apakah anda akan mempromosikan sebuah produk, layanan, ataupun keseluruhan tentang perusahaan. Anda harus cukup detail tentang apa yang akan anda promosikan. Apa solusi yang ingin anda berikan untuk klien anda? Apakah solusi anda menarik? Apa yang membedakan perusahaan anda dengan pesaing di pasaran? Harga, teknologi, layanan, ataupun pengalaman?

Target Audiens

Siapakah audiens anda? Dimanakah audiens anda? Dalam memproduksi suatu video, anda harus mengetahui siapa audiens anda, siapa yang akan menggunakan video tersebut, apakah anak muda, orang dewasa, anak-anak, kalangan atas, menengah keatas, atau menengah kebawah.

Tujuan Video

Apa tujuan video dan pesan yang akan disampaikan dari video yang dibuat. Anda harus tahu tujuan bisnis dari video yang dibuat, jika tidak anda tidak akan tahu apakah investasi anda berharga.

Referensi

Hal yang baik untuk membuat suatu video adalah dengan mencari referensi yang hampir mendekati dengan video yang akan dibuat. Video yang dibuat tidak mungkin sama dengan referensinya, tapi ini hanya untuk menjadi acuan dalam memproduksi suatu video.

Waktu dan anggaran

Menentukan waktu dan anggaran dari produksi video. Kapan akan dimulai, kapan harus selesai. Anda harus mengetahui dana perusahaan yang ada untuk pembuatan video dan stelah itu mendiskusikannya dengan penyedia jasa video.

Membuat sebuah Video Production Brief mungkin terlihat sulit bagi anda. Tidak dapatnya bertemu dengan penyedia jasa karena kesibukan membuat anda hanya berkomunikasi lewat telefon ataupun email, namun lebih baik luangkan waktu untuk bertemu secara langsung. Persiapkan Video Production Brief ini dengan teliti, agar konteks yang akan disampaikan dapat dimengerti dan penyedia jasa dapat membuat video yang sesuai dengan harapan anda.