Skip to main content

Apa itu IPO (Initial Public Offering)?

video company profile ipo

Apa itu IPO? IPO secara sederhana adalah saham sebuah perusahaan yang akan diterbitkan untuk pertama kali. Perusahaan yang melakukan ini disebut perusahaan GO Public, yaitu yang artinya adalah perusahaan yang sudah membagikan sahamnya kepada khalayak umum untuk berinvestasi. Dalam persiapannya menuju Go Public, perusahaan membutuhkan media informasi yang detail yakni video company profile untuk IPO

Go Public merupakan salah satu cara efektif bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dana, perusahaan akan menerima dana yang relatif besar dan diterima sekaligus dan dikenal oleh banyak pihak. Untuk menjadi perusahaan yang Go Public, ada banyak syarat yang harus dipenuhi, salah satunya mempersiapkan company profile yang memuat informasi detail mengenai perusahaan.

Apa saja isi video company profile untuk IPO?

1. Sejarah Perusahaan
Sejarah perusahaan berisi visi, misi strategi perusahaan, termasuk komitmen perusahaan
dalam meraih kemajuan. Ini menunjukkan bahwa operasional perusahaan dilakukan dengan
perencanaan yang matang dan berkeseimbangan, sebagai jaminan masa depan bisnis yang
berkelanjutan. Pada akhirnya ini akan menciptakan kepercayaan publik, bahwa masa depan
perusahaan terjamin.

2. Struktur Managemen Perusahaan
Penting untuk memastikan struktur manajemen perusahaan yang transparan sehingga dapat dipertimbangkan oleh investor. Struktur managemen perusahaan membantu investor dalam mengenal dengan siapa mereka akan bekerjasama. Struktur manajemen yang ditampilkan berupa jajaran dewan komisaris dan dewan direksi.

3. Experience
Pengalaman yang dimiliki dapat menjadi tolak ukur tentang seberapa profesionalnya perusahaan dalam menjalankan bisnis. Dapat disebutkan berbagai perusahaan yang pernah menjalin kerjasama dengan perusahaan anda.

4. Performance
Kinerja yang sering dipergunakan menunjukkan hasil operasi perusahaan selama beberapa periode tertentu, biasanya didapatkan dari laporan keuangan perusahaan. Dari kinerja keuangan yang ditampilkan inilah para analis dan investor akan melakukan analisis terhadap kinerja perusahaan tersebut, dan melihat perkembangan perusahaan.

Pada Video company profile kinerja dapat digambarkan dengan grafik penurunan atau kenaikan keuangan perusahaan.

5. Achievement
Penghargaan dan pencapaian tertinggi perusahaan dalam periode tertentu menjadi indikator keberhasilan perusahaan yang dapat mendukung investor untuk berinvestasi, karena dengan penghargaan yang dimiliki, ini memperlihatkan reputasi yang baik dan terpercaya bagi sebuah perusahaan.

6. CSR
CSR atau Corporate Social Responsibility adalah komintmen perusahaan dalam memberikan sumbangsih terhadap kepentingan pendidikan, sosial, ekonomi, dan komunitas.

Pada company profile video, CSR dapat berupa kegiatan perusahaan dalam membangun fasilitas umum, menjaga lingkungan sekitar perusahaan, bahkan memberi beasiswa pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Program CSR ini dapat meningkatkan publisitas dan citra publik tentang pekerjaan yang baik.

Baca juga: Perlukah Membuat Video Testimoni Untuk Perusahaan

charprod

Author charprod

More posts by charprod