Pembentukan citra dan reputasi perusahaan adalah hal yang penting bagi kelangsungan bisnis perusahaan yang sustainable. Citra dan reputasi perusahaan ini harus direncanakan dengan baik oleh perusahaan. Melalui serangkaian kegiatan komunikasi dengan menggunakan media yang tepat.
Citra adalah gambaran yang di proyeksi kan oleh perusahaan untuk kemudian dibentuk dan dikomunikasikan kepada khalayak, baik kahalayak internal maupun eksternal. Reputasi adalah citra yang sudah mapan dan dikenal oleh seluruh stakeholder.
Membangun citra tidaklah mudah, perusahaan harus memiliki citra impian yang diinginkan dan mengkomunikasikan citra tersebut dengan efektif. Bagaimana sebuah perusahaan ingin dikenal dan diketahui. Dibutuhkan media komunikasi yang efektif dalam menjalankan fungsi pembentukan citra perusahaan, salah satu media komunikasi yang efektif adalah video.
Di era yang serba digital sekarang, video menjadi media yang kuat dalam mengkomunikasikan sebuah pesan, bagi perusahaan mengkomunikasikan sebuah pesan melalui video menjadi penting karena memproduksi sebuah corporate video membantu pembentukan citra dan reputasi yang bisa ditampilkan dengan bantuan grafik, voice over yang tentunya lebih interaktif.
Pembentukan Citra dan Reputasi dalam Creative Brief
Unsur pembentukan citra dan reputasi perusahaan harus disertakan dalam sebuah creative brief. Yang diberikan kepada perusahaan Production House yang bekerja sama dalam pembuatan corporate video. Agar Production House dapat menerjemahkan citra yang ingin dibentuk dan divisualisasikan melalui video yang dibuat.
Pembentukan citra dapat berupa visi, misi perusahaan, logo, filosofi, warna khas, serta etos kerja dalam sebuah perusahaan. Dengan memproyeksikan citra melalui visual, memungkinkan perusahaan meningkatkan daya awareness khalayak.
Dalam pembentukan citra ke lingkungan internal, corporate video penting bagi perusahaan untuk menggugah motivasi dan penanaman citra bagi lingkungan internal seperti karyawan dan staff. Dengan begitu diharapkan adanya integritas karyawan terhadap citra yang akan berdampak pada reputasi perusahaan secara menyeluruh.
Dengan membuat corporate video yang baik, perusahaan memungkinkan memberikan pemahaman kepada seluruh khalayak tentang citra yang mereka bentuk. Kerja sama antara perusahaan dengan sebuah rumah produksi yang profesional seperti Charprod diperlukan untuk menunjang objektif perusahaan dalam pembentukan citra dan reputasi yang baik.
Dengan citra yang baik, maka membentuk reputasi yang baik juga sehingga tercipta keberlangsungan bisnis perusahaan yang sustainable
Yang perlu diperhatikan dalam Corporate Video antara lain:
- Menjelaskan Visi dan Misi perusahaan
Perusahaan mengkomunikasikan visi dan misi nya dalam rangka untuk meningkatkan awareness stakeholder. Baik kepada stakeholder internal, seperti karyawan dan staff maupun stakeholder eksternal seperti Investor, pemerintah, komunitas, atau customer.
Dengan begitu stakeholder mengetahui apa program kerja perusahaan dalam jangka panjang dan bagaimana perusahaan menjalankannya.
Penyampaian visi dan misi perusahaan harus disampaikan dengan cara yang kreatif, dengan tidak hanya menyampaikan visi dan misi secara verbal dan monoton. Visi dan misi dapat disampaikan melalui ilustrasi yang ditampilkan dalam video, baik melalui pendekatan cerita, dokumenter, ataupun keduanya sehingga memberikan kesan yang hidup terhadap visi dan misi perusahaan
- Identitas perusahaan
Mengkomunikasikan identitas perusahaan adalah penting, dalam memberikan pemahaman kepada stakeholder mengenai nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan. Di dalamnya mencakup logo serta maknanya, budaya perusahaan, dan etos kerja.
- Menyajikan kegiatan perusahaan
Dalam pembentukan citra, perusahaan harus berpedoman kepada etika bisnis dalam menjalankan operasionalnya.
Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) adalah pedoman etik yang harus dijalankan oleh perusahaan dalam membedakan apa yang baik dan buruk bagi perusahaan, apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh perusahaan secara etis.
Di dalamnya terdapat asas-asas moral yang harus dipatuhi perusahaan, salah satunya adalah kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Sehingga kegiatan CSR telah menjadi salah satu faktor penting pembentukan citra perusahaan. CSR dibagi menjadi beberapa kategori, terdapat CSR dengan fokus kepada lingkungan, komunitas, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.
Dengan menyajikan video CSR secara singkat, perusahaan memberikan informasi tentang apa yang menjadi program perusahaan untuk bersumbangsih kepada masyarakat, dengan begitu citra dikomunikasikan dan terbentuk melalui kegiatan sosial.
Penulis: Bagas