Skip to main content

Instagram adalah media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto dan video. Pada awalnya instagram hanya mampu untuk membagikan foto saja. Namun seiring perkembangannya, instagram mampu membagikan konten video dengan berbagai macam fitur. Perkembangan ini membuka jalan bagi pebisnis baik dari skala kecil hingga korporat besar untuk menjadikan instagram menjadi strategi promosinya.Promosi melalui instagram video terbukti efektif, karena platform media sosial yang satu ini memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dan dengan keberagaman karakteristiknya.

Dengan banyaknya pengguna instagram, seakan-akan membuka peluang promosi melalui instagram. Dilansir dari teknologi.bisnis.com jumlah pengguna instagram di Indonesia mencapai 56 juta penduduk. Dan Indonesia menduduki peringkat ke empat di seluruh dunia dengan pengguna instagram terbanyak.

Pada awalnya instagram tidak sebegitu menjanjikan sebagai media promosi. Karena instagram hanya mampu untuk mengupload foto saja.

Walaupun promosi melalui instagram dengan menggunakan foto sudah dilakukan sejak sebelum adanya fitur video. Tetapi sekarang instagram telah memperkaya fiturnya, video telah dapat diunggah ke dalam instagram dengan berbagai macam cara.

Apa saja fitur instagram video yang dapat dijadikan strategi promosi?

promosi melalui instagram

  1. Instagram Video Post

Fitur ini berfungsi untuk mengupload video dalam format post dalam durasi maksimal satu menit.

Video yang sudah diupload akan muncul di feed instagram kita. Jika anda ingin melakukan promosi melalui instagram video dengan fitur yang satu ini, pastikan durasi video anda tidak lebih dari satu menit.

Jangan lupa untuk membuat video anda semenarik mungkin. Karena jika tidak anda akan di scroll up oleh follower anda karena kurang menarik.

Fitur yang satu ini cocok bagi anda yang ingin memperkenalkan produk anda secara singkat tetapi lengkap. Dengan durasi satu menit, memungkinkan anda untukĀ  melakukan promosi dengan tidak memakan banyak durasi dan tidak bertele-tele.

 

 

 

promosi melalui instagram

2. Instagram Story

Instagram story adalah fitur instagram yang berupa video berdurasi maksimal 15 detik. Fitur ini bersifat seperti sneak peak saja, biasanya digunakan untuk orang yang ingin mengabadikan moment yang dijalaninya.

Fitur ini memiliki kelemahan jika dijadikan strategi promosi anda. Yakni video dalam instagram story akan menghilang dalam waktu 24 jam.

Jika anda tidak ingin video yang anda upload ke instagram story menghilang, maka anda bisa menyimpannya ke highlight. Dengan begitu video yang anda upload ke instagram story akan disimpan dan ditampilkan di bio anda.

Promosi melalui instagram dengan fitur ini dapat dilakukan dengan maksimal bila anda bisa membuat video dengan sangat persuasif dan jangan lupa sertakan informasi untuk melihat produk anda lebih lengkap menuju website anda misalnya.

 

 

promosi melalui instagram

3. Instagram TV

Ini dia fitur yang paling baru dari instagram, yakni instagram tv. Pada dasarnya instagram tv bersifat mirip youtube.

Dalam instagram tv anda dapat melakukan promosi menggunakan video dengan durasi hingga satu jam.

Instagram tv di gadang-gadang dapat menyaingi youtube khususnya dalam hal promosi, karena aksesibilitas kepada pelanggan secara langsung.

Fitur ini cocok bagi anda yang ingin melakukan promosi melalui instagram secara detail. Keluasaan durasi memungkinkan anda untuk mengkomunikasikan perusahaan anda lebih dalam.

 

Bagaimana video untuk promosi melalui instagram?

Yang pasti anda harus membuat video yang kreatif. Salah satunya membuat video dengan menggunakan pendekatan storytelling yang menarik, yang melibatkan emosi audience. Strategi ini juga dapat menambah keunikan dari perusahaan anda dalam hal promosi, baik promosi brand anda atau membentuk citra perusahaan anda.

Video testimonial juga dapat dijadikan ide untuk mengisi konten instagram bisnis anda. Dengan menonton video testimonial, calon pelanggan akan mencari tahu tentang produk di feed instagram anda.

Jika anda tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk membuat video, maka anda bisa bekerja sama dengan production house yang profesional seperti charprod, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 

 

Bagas Sigit Nugroho

Author Bagas Sigit Nugroho

More posts by Bagas Sigit Nugroho