Iklan Advertorial Dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

 

Iklan advertorial video

Iklan advertorial adalah jenis iklan yang disampaikan dengan gaya jurnalistik. Advertorial berasal dari kata Advertising (periklanan) dan Editorial yang secara singkat adalah sebuah opini resmi dari redaksi tentang topik tertentu.

Advertorial berbeda dengan advertising. Pada advertising, pesan promosi terhadap produk atau jasa bersifat gamblang serta mempersuasi orang untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut dengan menggunakan bahasa promosi.

Sedangkan advertorial adalah jenis iklan yang penyampaiannya dapat berupa artikel atau feature. Isinya adalah informasi terkait topik yang memiliki korelasi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Maka dari itu advertorial juga bersifat edukatif 

Dari informasi yang edukatif itulah advertorial menggiring pembaca untuk mengetahui informasi dari sebuah produk atau jasa perusahaan dengan menyajikan data empiris tentang suatu topik yang relevan alih-alih menggunakan kata “gunakanlah produk ini!”

Iklan advertorial adalah cara kreatif perusahaan untuk melakukan kegiatan promosi yang tak hanya berpengaruh terhadap produk atau jasa saja namun juga brand awareness perusahaan.

Maka dari itu pembuatan iklan advertorial dibutuhkan kemampuan menulis yang baik serta pengetahuan yang mendalam tentang produk atau jasa perusahaan. Tak hanya itu, pembuat advertorial harus membekali dirinya dengan pengetahuan yang berhubungan dengan produk atau jasa perusahaannya.

Baca juga: Mengenal Infografis Video Company Profile

Karakteristik Iklan Advertorial

Secara umum Iklan Advertorial lebih dominan diisi dengan informasi. Misalnya brand susu A yang memiliki khasiat dalam menguatkan tulang akan memberikan informasi mengenai bagaimana pentingnya menjaga kesahatan tulang, cara memeliharanya, apa yang harus dikonsumsi supaya tulang tetap sehat, tips-tips olahraga yang menunjang kesehatan tulang. Kemudian menjelaskan manfaat yang didapat jika mengkonsumsi susu brand A untuk kesehatan tulang.

Dimana publikasinya?

Iklan advertorial dipublikasi di media massa seperti koran, majalah, radio, atau jurnal.

Namun seiring berkembangnya teknologi digital dan internet, advertorial juga dapat dipublikasi di media digital seperti website dan juga Youtube.

Maka dari itu jenis iklan ini tak lagi hanya berformat cetak, namun juga video.

Pada dasarnya advertorial video memiliki prinsip yang sama dengan cetak, tetapi dengan format video, informasi bisa disuguhkan dengan lebih mendalam yang didukung dengan infografis. Video juga memungkinkan penjelasan produk yang lebih lengkap disertai dengan ilustrasi. Dengan memproduksi video advertorial, perusahaan dapat menjangkau youtube serta platform video yang lainnya. Format video memiliki manfaat tersendiri, yakni:

Manfaatnya Bagi Perusahaan:

  • Memperkaya konten perusahaan

Advertorial video dapat menjadi konten bagi perusahaan. Seperti di dalam website, perusahaan tak hanya dapat memasukan advertorial berbentuk artikel, namun juga video. Sehingga konten perusahaan akan menjadi lebih kaya yang berpengaruh terhadap image dari perusahaan.

  • Tidak membosankan

Iklan advertorial berisi banyak informasi yang jika disuguhkan hanya melalui bacaan bisa menjadi membosankan, terutama bagi orang yang tidak suka membaca. Video akan menambah daya tarik, sehingga khalayak lupa bahwa mereka sebenarnya menonton video iklan.

  • Dapat menjaring khalayak lebih banyak

Video adalah media yang efektif untuk menyebarkan pesan pada zaman sekarang. Mengingat banyaknya pengguna social media seperti instagram, facebook, twitter, dan youtube. Dengan mempelajari perilaku serta kebiasaan mereka perusahaan mampu beriklan secara kreatif menggunakan video. Bila pada sosial media tersebut perusahaan hanya menyuguhkan iklan advertorial dalam format tulisan maka kecil kemungkinan ini akan mempersuasi pengguna sosial media untuk membacanya.

Bagas Sigit Nugroho

Author Bagas Sigit Nugroho

More posts by Bagas Sigit Nugroho

Leave a Reply