Mengenal Storytelling Untuk Corporate Video

Secara singkat, storytelling adalah teknik penyampaian informasi dengan pendekatan cerita yang dapat menggugah perasaan audience. Storytelling adalah salah satu cara kreatif bagi perusahaan dalam membuat corporate video, walaupun storytelling pada awalnya menjadi hal yang baru dan asing dalam corporate video.

Storytelling corporate video

Sebenarnya storytelling adalah teknik bercerita yang tidak hanya berlaku dalam pembuatan video. Storytelling bisa diaplikasikan kepada banyak hal, misalnya seperti public speaking dan presentasi. Karena keunggulan pendekatan storytelling bisa melibatkan human interest seperti: empati dan emosional

Apa kaitan storytelling dengan perusahaan?

Sekarang anda bayangkan jika anda menyimak sebuah informasi dalam video dengan pendekatan yang formal dan straight to the point, apakah akan benar-benar mempersuasi anda untuk menonton?. Bagaimana jika anda menonton sebuah video yang berisikan sebuah informasi namun dikemas dengan pendekatan cerita dengan penokohan dan plot yang menarik. Serta melibatkan empati dan emosional anda?. Pengalaman menonton yang anda dapat akan berbeda bukan?

Secara prinsip, itulah yang menjadikan storytelling diaplikasikan ke dalam video corporate. Karena storytelling bisa menjadi cara yang efektif dalam menyampaikan sebuah pesan perusahaan dengan teknik naratif. Karena terdapat beberapa pesan perusahaan yang akan lebih efektif jika penyampaiannya melalui cerita. 

Namun storytelling juga harus diaplikasikan dengan tepat, bila video yang sifatnya memang harus formal dan straight to the point maka storytelling sebaiknya jangan dipakai, contohnya seperti video company profile.

Bagaimana untuk membuat sebuah storytelling corporate video?

  • Menyertakan Unsur Human Interest pada penulisan script storytelling

Story telling adalah sebuah cerita yang berarti penulisan script menjadi hal yang sangat penting. 

Dalam penulisan script dalam storyteliing memiliki pendekatan khusus salah satunya adalah dengan menyertakan unsur human interest. Yakni unsur dalam cerita yang menggugah emosional seperti simpati audience. 

Dengan melibatkan human interest, audience diharapkan bisa merasakan dan mengetahui kondisi nyata dari sebuah permasalahan yang coba diselesaikan oleh perusahaan.

  • Harus mempertahankan audience attention

Storytelling video yang baik adalah yang dapat mempertahankan audience attention hingga akhir video. Penulisan script dan pembuatan alur cerita yang baik seharusnya mampu membawa audience sampai ke akhir video. Jangan menyuguhkan semua pesan di awal video. Ini penting untuk tetap mempertahankan audience attention.

  • Tampilkan sebuah problem solving

Seperti yang sudah kita tahu bahwa corporate video adalah sebuah media penyampaian informasi. Maka dari itu melalui corporate video juga lah perusahaan menyampaikan sebuah problem solving.

Video yang anda buat harus menceritakan sebuah permasalahan yang dihadapi oleh customer anda dengan juga melibatkan unsur human interest. Dari permasalahan tersebut lah perusahaan anda hadir sebagai problem solver. Dengan menggunakan pendekatan storytelling, perusahaan mampu menciptakan understanding kepada audience dalam rangka membangun citra perusahaan.

  • Harus ada relevansi dengan audience

 Anda harus memirkan relevansi cerita dengan audience. Artinya corporate video dibuat se-realistis mungkin dengan realitas yang dimiliki audience dalam hal ini customer anda.

Dengan begitu, cerita di dalam video dapat memberikan kesan ke-intiman perusahaan dengan audience.Menciptakan citra perusahaan yang tidak pernah jauh dengan audience, perusahaan selalu hadir untuk memenuhi kebutuhan audience.

  • Talent atau real people

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan talent atau real people, keduanya tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

  • Talent

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal untuk penokohan storytelling yang anda buat, maka menggunakan talent menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Karena talent akan bisa lebih mudah menerjemahkan script yang anda tulis untuk diperankan.

Tetapi jika anda ingin menggunakan talent, maka anda harus memikirkan biaya tambahan. Oleh karena itu penggunaan talent perlu mempertimbangkan budget yang anda miliki.

  • Real People

Menggunakan real people akan memberikan kelebihan tersendiri, salah satunya kesan otentik dari permasalahan yang ada. Menggunakan real people juga dapat meningkatkan unsur human interest dari video.

Tetapi jika anda menuntut sebuah peran yang spesifik harus dimainkan oleh orang yang profesional, maka menggunakan real people adalah pilihan yang tidak tepat. Ini disesuaikan lagi dengan konsep storytelling yang anda buat.

 Namun terdapat tantangan yang dihadapi dalam meyakinkan perusahaan anda untuk membuat video storytelling, karena ini bukan berbicara tentang “apa gunanya corporate video storytelling bagi profit perusahaan”. Tetapi lebih kepada membangun image perusahaan.

Tentunya untuk membuat video corporate menggunakan pendekatan story telling tidaklah mudah. Dibutuhkan kemampuan untuk benar-benar bisa men-deliver sebuah pesan yang dikemas dengan bentuk cerita. Perusahaan bisa meng-hire rumah produksi yang mampu untuk membuat story telling video corporate seperti Charprod.

 

Bagas Sigit Nugroho

Author Bagas Sigit Nugroho

More posts by Bagas Sigit Nugroho

Join the discussion 174 Comments

Leave a Reply