APA ITU WEB SERIES?
Web series adalah produk audio visual yang dirilis secara episodik ke dalam platform berbasis web seperti Youtube. Web series sering diasosiasikan mirip dengan film seri. Kata kuncinya adalah berseri. Artinya pola penayangannya dibagi menjadi beberapa video sebagai sebuah episode yang satu sama lain memiliki keterkaitan tema yang diusung.
Web series memliki dua skema, seperti contoh dibawah ini:
Skema di atas menunjukan bahwa dalam web series terdapat satu tema utama yang menjadi pokok cerita atau pembahasan yang dieksekusi secara episodik. Dan eksekusinya memiliki dua pendekatan.
Pendekatan pertama, per episode, memiliki substansi yang berbeda tetapi masih merupakan sub bahasan tema utama.
Contohnya seperti “One, Ten, One Hundred” dari Wistia, sebuah production house yang berada di Cambridge. Web series yang mereka buat memiliki tema utama yaitu sebuah challenge kepada production house lain untuk membuat video advertising dengan budget $1.000, $10.000, dan $100.000. Tiap video mewakili masing-masing challenge yang merupakan bahasan dari tema utamanya yaitu tantangan One, Ten, One Hundred. Style yang Wistia gunakan adalah Documentary.
https://wistia.com/series/one-ten-one-hundred
Pendekatan kedua, episode dibuat sebagai lanjutan dari episode sebelumnya atau yang biasa kita sebut “bersambung”. Pendekatan seperti ini biasanya dipakai untuk style short film. Salah satunya adalah “SORE-istri dari masa depan” yang dipersembahkan oleh Tropicana Slim. SORE bercerita tentang seorang wanita bernama Sore (Tika Brivani) yang menemui Jonathan (Dion Wiyoko) dari masa depan. Sore mengetahui segala sesuatu tentang Jonathan, dan juga memberikan perhatiannya kepada Jonathan.
APA TUJUANNYA?
Kedua contoh di atas menunjukan bahwa web series bisa bertujuan untuk menyampaikan pesan brand atau perusahaan anda. Seperti pada Wistia, mereka membuat tantangan untuk membuat video advertising produk mereka dengan tiga budget yang berbeda. Secara tidak langsung ini merupakan cara kreatif untuk mengkomunikasikan produk mereka kepada khalayak.
Dalam SORE-istri dari masa depan, karakter yang dibentuk pada SORE merepresentasikan pesan image Tropicana Slim. Di setiap episodenya SORE selalu memperhatikan kesehatan Jonathan dengan adanya adegan seperti membuang minuman Jonathan yang tidak menyehatkan, memesankan Jonathan salad, mengajak Jonathan untuk lari pagi, dan sebagainya.
Tak hanya menyampaikan pesan image atau beriklan, web series juga bisa dimanfaatkan sebagai media edukasi atau tutorial, dan tentunya ini tergantung kepada bidang apa perusahaan anda. Salah satu contohnya seperti yang dibuat oleh LINE Indonesia, dengan judul “LINE Tutorial”. Melalui ini LINE memberikan tutorial pemakaian fitur-fitur aplikasi LINE melalui cerita keseharian Kala (Jefri Nichole). Style yang digunakan sama seperti SORE yaitu short film namun dengan tujuan yang berbeda.
Tujuan lainnya adalah media berkampanye bagi perusahaan. Seperti yang dilakukan oleh Sequis. Mereka membuat web series berjudul “Kopi Paste” yang dengan juga menggunakan style Short film serta tema cinta. Melalui inilah Sequis mengkampanyekan bahwa generasi milenial hendaknya menyiapkan segala hal untuk menghadapi sesuatu yang tidak terduga dalam hidup. Ini sesuai dengan citra Sequis sebagai perusahaan asuransi.
Kesimpulannya adalah web series bagi perusahaan bisa menjadi media penyampaian pesan yang efektif di era digital seperti sekarang. Melalui web series perusahaan mampu menyampaikan pesan dengan cara yang kreatif dan bisa menjangkau khalayak lebih luas melalui platform digital seperti Youtube. Apakah perusahaan anda tertarik untuk membuatnya? Ini tergantung kebutuhan perusahaan anda, jika iya jangan lupa tentukan tujuan pembuatannya serta kenali betul target audience anda serta siapkan ide-ide kreatifnya.
Baca juga: Mengenal Storytelling Untuk Corporate Video